3 Hal Yang Membuat Kasus Ahok Dibesar Besarkan Versi Jaksa Agung, Padahal Kasusnya Biasa

Islamnesia.com - Jaksa Agung HM. Prasetyo mengatakan kasus penistaan agama yang dituduhkan kepada Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) sebenarnya adalah perkara biasa namun menjadi terkesan luar biasa. Sejumlah faktor membuat kasus Ahok menjadi luar biasa.

Pertama, kasus ini dikaitkan dengan politik jelang Pilkada DKI. Faktor lain, sosok pejabat tersebut berasal dari etnis tertentu.

Terakhir, sensitifitas masalah yang melatarbelakangi kasus itu.

"Tapi untuk kasus yang satu ini begitu menjadi luar biasa karena pelakunya seorang calon gubernur yang akan ikut pilkada, dia seorang etnis minoritas, yang kebetulan beragama non Muslim, dan ketiga begitu sensitifnya masalah yang melatarbelakangi kasus tersebut," kata Prasetyo di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/12/16).

Baca Juga:


Faktor lain dari kasus Ahok yang menjadi sorotan yakni proses hukum yang tidak biasa dilakukan Polri.

Akibat desakan publik yang besar, proses hukum mulai dari penyelidikan hingga penyidikan dilakukan secara terbuka dan cepat.

"Dan bahkan, di luar kebiasaan, penyelidikan kasus ahok ini pun telah ditempuh satu kebijakan out of the box yaitu melakukan gelar perkara, kendati masih dalam tahap penyelidikan ini sebenarnya sifatnya sangat confidensial, sangat rahasia," terangnya.

Begitu pula penyerahan dan pelimpahan berkas perkara dari Polri ke Kejaksaan hingga dinyatakan lengkap tergolong sangat cepat. Padahal kejaksaan memiliki waktu 14 hari untuk memeriksa berkas perkara itu.

"Penyerahan tersangka dan barang bukti tahap 2 pun dilaksanakan secepatnya. Begitu tanggal 30 November menyatakan berkas perkara lengkap P-21, ternyata tanggal 1 Desember penyidik polri sudah berhasil untuk menyerahkan tersangka dan barang bukti, penyerahan tahap kedua," ungkapnya.

"Sehingga kembali mengingat adanya permintaan dan harapan, himbauan masyarakat secepatnya diselesaikan, maka saat itu juga perkaranya segera dilimpahkan ke pengadilan," sambung dia.
sumber: merdeka.com
http://www.spiritnkri.com/2016/12/3-Hal-Yang-Membuat-Kasus-Ahok-Dibesar-Besarkan-Versi-Jaksa-Agung-Padahal-Kasusnya-Biasa.html

loading...